data center ya...... hmmmm mungkin ada yang tahu kali ya atau tidak. thats fine mari kita bahas secara gaya bahasa ana.

data center pada umumnya adalah sebuah fasilat tempat dimana semua data disimpan ya ibarat kalau kita mau nyimpen uang di bank. data center itu bank nya . 

tapi biar makin paham ane kasih beberapa gambar data center yang ada di google biar sobat blogging bisa memahami nya 

contoh data center

salah satu design data center milik google nih
oke karena para sobat blogging sudah mulai dapat gambaran sekarank akan ane jelaskan dengan beberapa bantuan buku dan pengetahuan ane.
data center ( bahasa indonesia = pusat data ) adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen - komponen terkaitnya seperti sistem telekomunikasi dan sistem penyimpanan data. fasilitas ini biasanya juga dilengkapi dengan catu daya, koneksi komunikasi data, pengontrol lingkungan ( sperti AC dan pendingin lainnya) dan pencegah. 

berdasarkan fungsinya data center terbagi menjadi  2 bagian umum yaitu 
  1. Internet Data Center : hanya untuk mendukung aplikasi yang berhubungan dengan internet saja, biasannya di jalankan oleh ISP atau perusahaan yang menyediakan layanan internet
  2. Enterprise Data Center : memungkinkan model bisnis yang berjalan pada model internet, intranet dan keduaduanya 
mungkin penjelasan kita cukup sampai disini saja dlu sobat blogging. dilain kesempatan akan kita bahas lebih lanjut, tapi saya tidak menutup kemungkinan bahwa sobat blogging mau lebih mendalami tentang data center ini, mungkin dilain kesemptan akan kita bahas lebih dalam.